This site is published by Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. The contents and its metadata published only for academic purpose.

Journals

  • Jurnal Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

    Jurnal Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (Jurnal MKG) merupakan jurnal ilmiah sebagai sarana komunikasi untuk melaporkan hasil penelitian bidang ilmu meteorologi, klimatologi, kualitas udara, geofisika, lingkungan, kebencanaan, dan instrumentasi yang terkait. Jurnal ilmiah ini diterbitkan setiap tiga bulan sekali dalam setahun.

    This journal does not charge APCs or submission charges.

  • Jurnal Aplikasi Meteorologi

    Jurnal Aplikasi Meteorologi (JAM) merupakan jurnal ilmiah peer-review akses terbuka yang diterbitkan oleh Program Studi Meteorologi, Sekolah Tinggi Meteorologi, Kliamatologi dan Geofisika. Jurnal ini menerbitkan pencapaian dan perkembangan terbaru di bidang ilmu atmosfer, terutama dalam hal berikut: meteorologi murni dan terapan, klimatologi dan perubahan iklim, meteorologi laut, fisika dan kimia atmosfer, fisika awan dan modifikasi cuaca, prediksi cuaca numerik, asimilasi data, suara atmosfer dan penginderaan jauh, lingkungan atmosfer dan polusi udara, radar dan meteorologi satelit, meteorologi pertanian dan hutan, dll. Jurnal ini dimaksudkan untuk memberikan dasar untuk memperkuat pertukaran naisonal dan internasional inovasi ilmiah dan pemikiran antara ahli meteorologi Indonesia dan asing. Ini berisi makalah akademis, sorotan program penelitian, ulasan buku, laporan konferensi, dan diskusi komprehensif tentang penelitian meteorologi yang dilakukan baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

  • The Climate of Tropical Indonesia Maritime Continent Journal

    The Climate of Tropical Indonesia Maritime Continent Journal is an international journal published by the Faculty of Climatology, STMKG in collaboration with BMKG. Our scope of publications includes physical climate, Tropical Ocean Climate Study, Indonesia Maritime Continental, Climate Change, Air Quality, remote sensing, geographic information system, and environmental science. The Climate of Tropical Indonesia Maritime Continent Journal welcomes original Research Articles,  Short Communications, Review Papers, and Comments/Responses.

    The Climate of Tropical Indonesia Maritime Continent Journal publishes its issues two times a year in April and October.

  • PROGRESS : Jurnal Geofisika

    PROGRESS : Jurnal Geofisika merupakan jurnal ilmiah peer-reviewed akses terbuka yang diterbitkan oleh Program Studi Geofisika STMKG. Ini menerbitkan artikel penelitian tentang geofisika, meliputi teori, eksperimen, komputasi dan fisika terapan termasuk ilmu kebumian. Jurnal ini merupakan wadah untuk berbagi publikasi penelitian ilmiah asli berupa Makalah Penelitian Lengkap, Catatan Singkat, Komunikasi Cepat, dan dari waktu ke waktu menerbitkan Artikel ulasan. Kami memiliki misi untuk membangun landasan penelitian ilmiah di bidang geofisika teoretis dan terapan untuk mendukung pendidikan, penelitian masyarakat di Indonesia. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, tetapi Abstrak harus ditulis dalam Bahasa Indonesia. Kami akan menjaga naskah yang ditulis dalam Bahasa Indonesia untuk memastikan penggunaan tata bahasa standar dengan istilah ilmiah yang benar untuk menyediakan terjemahan yang tepat ke bahasa lain dengan alat penerjemah bahasa yang tersedia. Naskah akan melalui double-blind peer review dan editorial review sebelum diterima untuk diterbitkan. Publikasi dalam jurnal ini dilakukan secara berkala dua kali dalam setahun (April dan Oktober).

  • Jurnal Instrumentasi dan Teknologi Kebumian

    Jurnal Instrumentasi dan Teknologi Kebumian adalah adalah jurnal multidisiplin, peer-review, akses terbuka dan metode serta teori terkait,baik berhubungan dengan instrumentasi meteorologi, klimatologi dan geofisika. Jurnal ini juga berkaitan dengan penggunaan teknologi dibidang AI, Machine Learning, Deep Learnig, Data Science, Pengolahan Sinyal dan bidang Ilmu Komputer yang berkaitan dengan teknologi kebumian. Jurnal ini diterbitkan setiap 2 kali setahun secara online oleh Program Studi Intrumentasi, STMKG. Akses Terbuka— gratis untuk pembaca.

  • Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Meteorologi Klimatologi Geofisika dan Instrumentasi

    Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Meteorologi Klimatologi Geofisika dan Instrumentasi diterbitkan 2 kali setahun pada bulan Mei dan November oleh Unit Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat (UP2KM) STMKG. Terbit pertama pada bulan Mei 2022. Jurnal Pegabdian kepada Masyarakat MKGI memuat hasil pengabdian kepada masyarakat. Editor mengundang para akademisi dan praktisi terkait (Perguruan Tinggi, Pemerintahan, LSM, dan lain-lain) untuk dapat mengirimkan artikelnya ke Jurnal Pengabdian MKGI.