ANALISIS PENGARUH EL NIÑO 2004-2005 TERHADAP KONSENTRASI KLOROFIL-A DI PERAIRAN MALUKU

Authors

  • FNU Hadiman Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Munawar Ali Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Agus Safril Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Keywords:

el nino, klorofil-a, sst, upwelling

Abstract

El-Nino merupakan fenomena yang tidak bisa dihindari, kejadian El-Nino dapat mengurangi curah hujan seperti di wilayah Maluku. Namun, kejadian El-Nino juga mempunyai dampak postif khususnya di wilayah perairan. Pada saat terjadi El-Nino maka konsentrasi klorofil-a di perairan akan meningkat. Hal ini disebabkan karena adanya proses upwelling yang mengangkat nutrisi dari dalam laut. Konsentrasi klorofil-a yang tinggi akan mendatangkan jenis ikan pelagis di perairan. Sehingga uji korelasi antara suhu permukaan laut (SST) pada saat El-Nino dengan klorofil-a untuk melihat keterkaitan antar kedua variabel yang diamati. Sehingga akan didapatkan hasil yang menunjukkan kondisi klorofil-a pada saat terjadi El-Nino di wilayah perairan Maluku.

Kata kunci : El-Nino, klorofil-a, suhu permukaan laut (SST), upwelling

References

Azani, Rahmaidi., T. Ersti Yulika Sari, Usman. Variabilitas Spasial dan Temporal Suhu Permukaan Laut dan Klorofil-a di Perairan Selat Malaka melalui Citra Satelit Aqua Modis. Riau: Universitas Riau.

Cahyono, Budi. 2010. Laporan Praktek Kerja Lapangan: “Proses Pengolahan Data Citra MODIS untuk Menduga Konsentrsi Klorofil-a sebagai Indikator Tingkt Kesuburan di Perairan Utara Papua”. Semarang: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro.

Campbell, N. A. 2002. Biologi Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Kordi, M.G.H.K. 2015. Pengelolaan Perikanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Kunarso, Safwan Hadi, Nining S.N., multono S.B. 2011. Variabilitas Suhu dan Klorofil-a di Daerah Upwelling pada Variasi Kejadin ENSO dan IOD di Perairn Selatan Jawa sampai Timor.

Kurniawan, Andri., Yurika Permanasari, dan Icih Sukarsih. 2015. Pemanfaatan Data Suhu Permukaan Laut Citra Penginderaan Jauh Modis Terra/Aqua untuk Identifikasi Wilayah Berpotensi Ikan. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Neolaka, Amos. 2014. Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2017-11-08

How to Cite

Hadiman, F., Ali, M., & Safril, A. (2017). ANALISIS PENGARUH EL NIÑO 2004-2005 TERHADAP KONSENTRASI KLOROFIL-A DI PERAIRAN MALUKU. Jurnal Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika, 3(3), 21–25. Retrieved from https://jurnal.stmkg.ac.id/index.php/jmkg/article/view/12