RELOKASI DAN KLASIFIKASI GEMPABUMI UNTUK DATABASE STRONG GROUND MOTION DI WILAYAH JAWA TIMUR

Authors

  • Rian Mahendra Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • FNU Supriyanto Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Ariska Rudyanto Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Keywords:

double difference, intraslab, interface, crustal

Abstract

Pembuatan database strong ground motion merupakan bagian penting dalam perkiraan tingkat bencana seismik. Ground Motion Prediction (GMPE) membutuhkan database gempabumi yang akurat untuk mendapatkan hasil yang optimal. Relokasi terhadap database gempabumi diharapkan mampu memberikan parameter lokasi dan magnitude gempa yang lebih baik. Metode Double Difference dipilih sebagai metode dalam relokasi lokasi episenter dan kedalaman. Parameter lain yang digunakan dalam database ground motion adalah tipe gempabumi, yaitu interface, intraslab, dan crustal. Klasifikasi tipe gempabumi dilakukan dengan melihat posisi hiposenter terhadap model slab subduksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kejadian gempabumi dengan batasan wilayah 6° – 12° LS dan 106° – 118°BT dan M ≥ 5 pada periode 2009- 2015. Melalui relokasi dengan Double Difference diperoleh nilai Root Mean Square yang lebih kecil dibandingkan sebelum relokasi, sehingga parameter gempabumi yang diperoleh bisa dikatakan lebih baik. Klasifikasi tipe gempabumi dengan cara manual menunjukkan bahwa sebagian besar gempabumi di database merupakan gempabumi intraslab.


Kata Kunci: Double Difference, Intraslab, Interface, Crustal

References

Astiz, L., Lay, T., dan Kanamori, H., 1988, Large Intermediate- Depth Earthquakes and the Subduction Process, Phys. Earth Planet. Interiors 53, 80–166.

Rini, V. S., Subakti, H., dan Rudyanto, A., 2015, Kajian Awal Persamaan Prediksi Percepatan Tanah di Zona Subduksi Wilayah Bali dan Sekitarnya, Skripsi, Program Sarjana Terapan, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Jakarta.

Rudyanto, A., 2013, Development of Strong Motion Database For The SumatraJava Region, Tesis, Program Master Filosofi, The Australian National Universirty, Australia.

Waldhauser, F., dan Ellsworth, W. L., 2000, A Double-Difference Earthquake Location Algorithm: Method and Application to the Northern Hayward Fault: Bull. Seism. Soc. Am., 90, 1353-13.

Utama, M. R. J.,2013, Studi Kegempaan Regional Center Ix – Bmkg Maluku Berdasarkan Hasil Relokasi Hiposenter Dengan Menggunakan Hypodd, Tugas Akhir, Program Sarjana Teknik, Institus Teknologi Bandung.

Published

2017-11-08

How to Cite

Mahendra, R., Supriyanto, F., & Rudyanto, A. (2017). RELOKASI DAN KLASIFIKASI GEMPABUMI UNTUK DATABASE STRONG GROUND MOTION DI WILAYAH JAWA TIMUR. Jurnal Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika, 3(3), 46–51. Retrieved from https://jurnal.stmkg.ac.id/index.php/jmkg/article/view/15