PERANCANGAN PERALATAN UNTUK PENGUKURAN RADIASI GELOMBANG PENDEK MATAHARI

Authors

  • Jihand Aulia Sashiomarda Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Djoko Prabowo Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Keywords:

radiasi matahari, gelombang pendek, pyranometer, termopile

Abstract

Radiasi matahari merupakan salah satu parameter yang penting dalam pengukuran kenaikan pengaruh aktivitas manusia terhadap atmosfer oleh Global Atmosphere Watch (GAW) dikarenakan semakin tinggi potensi pemanasan global. Radiasi matahari dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu radiasi gelombang pendek dan radiasi gelombang panjang. Dalam penelitian ini dirancang dan dibuat Sistem Monitoring Radiasi Gelombang Pendek Cahaya Matahari yang terdiri dari komponen radiasi secara global dan radiasi secara difusi. Sensor utama yang digunakan adalah Termopile yang akan mengukur intensitas radiasi gelombang pendek cahaya matahari. Sensor pelengkap yang digunakan adalah sepasang Light Dependent Resistor (LDR) yang digunakan untuk solar tracker untuk menggerakkan shadow band pada komponen radiasi secara difusi. Hasil pengukuran dari alat ini berupa tegangan yang diolah dan dikonversi oleh mikrokontroller ATMega2560 menjadi satuan radiasi matahari Watt/m2 dengan menggunakan nilai sensitifitas yang diperoleh dari kalibrasi pyranometer standar di laboratorium kalibrasi BMKG. Hasil pengukuran diuji dengan pyranometer di Stasiun Klimatologi Semarang dengan metode korelasi sederhana untuk mengetahui tingkat kedekatan antara dua alat tersebut.

Kata kunci : Radiasi Matahari, Gelombang Pendek, Pyranometer, Termopile,

References

Djenal, Dyah P., 2014, Studi Awal Rancang Bangun Prototipe Actinograph Digital Berbasis Mikrokontroler, Tugas Akhir, Instrumentasi, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Jakarta.

Djenal, Dyah P., 2015, Sistem Monitoring Intensitas Radiasi Matahari, Skripsi, Instrumentasi, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Tangerang.

Gillett, W.B., 1980, The Kipp solarimeter: A review of its operation and calibration, Commission of the european communities, Luxembourg.

Halliday, D. dan Resnick, R., 1978, Physics, 3rd Edition, John Willey & Sons, Inc, New York.

Kipp dan Zonen, 2006, CFR Calibration Facility Instruction Manual, Netherlands

Kurniawan, E. dan Satria, B. 2009, Analisis Ketidakpastian QPSP Pyranometer Berbasis Termopile, Buletin Megasains, Vol. 3. 1-13.

Manik, T. K., 2012, Klimatologi Dasar; Unsur Iklim dan Proses Pembentukan Iklim, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Published

2017-11-08

How to Cite

Sashiomarda, J. A., & Prabowo, D. (2017). PERANCANGAN PERALATAN UNTUK PENGUKURAN RADIASI GELOMBANG PENDEK MATAHARI. Jurnal Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika, 3(3), 52–59. Retrieved from https://jurnal.stmkg.ac.id/index.php/jmkg/article/view/16