KAJIAN GANGGUAN CUACA PADA KEJADIAN HUJAN LEBAT DI BATAM (Studi Kasus Tanggal 19 Desember 2014)

Authors

  • Adhitya Prakoso Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Aries Kristianto Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Keywords:

hujan lebat, borneo vortex, monsun dingin asia

Abstract

Memasuki bulan Desember curah hujan di Pulau Batam mengalami masa puncak. Kejadian hujan lebat yang terjadi di Batam pada tanggal 19 Desember 2014 telah menyebabkan banjir dan menimbulkan kerugian materi lainnya. Curah hujan yang melebihi 100 milimeter di suatu wilayah, memberikan indikasi adanya faktor gangguan cuaca signifikan yang berperan dalam pembentukan suatu sistem awan konvektif yang besar dan luas. Analisis cuaca skala regional dan lokal dilakukan untuk mengidentifikasi gangguan cuaca yang berperan pada kejadian tersebut. Berdasarkan hasil olahan data observasi curah hujan, data udara atas Changi Singapura, satelit MT-SAT, dan data reanalisis Era Interim ECMWF, hujan lebat tanggal 19 Desember 2014 disebabkan karena adanya gangguan pada pola angin di sekitar Kalimantan yang dikenal dengan sebutan Borneo Vortex. Hujan lebat ini juga didukung oleh aktifnya aliran seruak dingin dari daratan Asia.

Kata kunci : hujan lebat, Borneo Vortex, monsun dingin Asia

References

BMKG, 2010, Peraturan KBMKG Nomor: Kep. 009 Tahun 2010 tentang Prosedur Standar Operasional Pelaksanaan Peringatan Dini, Pelaporan, Dan Diseminasi Informasi Cuaca Ekstrim

Braesicke, P., Hai, O.S. dan Samah, A.A, 2012, Properties of strong off-shore Borneo vortices: a composite analysis of flow pattern and composition as captured by ERA-Interim. Journal of The Royal Meteorological Society 13:128-132.

Lupo, A.R. dan Anip, M.H.M., 2011, Climatological Study of Borneo Vortex during Northern Hemisphere Winter Monsoon. Poster in Conference World Research Climate Programme (WRCP) 2011, Denver, Colorado USA.

Prawoto, I., Azizah, N., dan Taufik, M., 2011, Tinjauan Kasus Banjir di Kepulauan Riau Akhir Januari 2011, Jurnal Megasains, Vol.2 No.2 - Juni 2011 Hal. 116 – 122.

Suyono, H., Satyaning, A., Boer, R., Agus, P., Ribudiyanto, K., Supiatna, J., Subarna, Leni, Linarka, U., Satyaningsih, R., Noviati, S., dan Kumalawati, R, 2009, Kajian Cuaca Ekstrim di Wilayah Indonesia, Puslitbang BMKG, Jakarta.

Published

2017-11-08

How to Cite

Prakoso, A., & Kristianto, A. (2017). KAJIAN GANGGUAN CUACA PADA KEJADIAN HUJAN LEBAT DI BATAM (Studi Kasus Tanggal 19 Desember 2014). Jurnal Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika, 3(2), 1–8. Retrieved from https://jurnal.stmkg.ac.id/index.php/jmkg/article/view/17