KAJIAN INDEKS STABILITAS ATMOSFER TERHADAP KEJADIAN HUJAN LEBAT DI WILAYAH MAKASSAR (STUDI KASUS BULAN DESEMBER 2013 – 2014)

Authors

  • Faqih Nurrohman Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Bayong Tjasyono Institut Teknologi Bandung

Keywords:

hujan lebat, indeks stabilitas udara, SI, LI, SWEAT, CAPE

Abstract

Hujan lebat merupakan fenomena cuaca yang dapat menimbulkan resiko bagi kehidupan manusia seperti banjir. Hujan lebat disebabkan oleh ketidakstabilan atmosfer. Untuk mengetahui stabil atau labilnya kondisi atmosfer dapat menggunakan cara analisis indeks stabilitas udara. Menganalisis indeks stabiltas udara dapat membantu dalam memprediksi peluang terjadinya hujan lebat. Dalam kasus kejadian hujan lebat di wilayah Makassar pada tanggal 22 dan 23 bulan desember 2013, 5, 6, dan 29 desember 2014, 17 dan 25 desember 2015 dilihat dari indeks SI, LI, SWEAT, CAPE pada jam 00 UTC dan 12 UTC pada umunya kondisi atmosfer labil. Walaupun dalam beberapa kejadian nilai SI menunjukan kondisi atmosfer stabil dan CAPE berada pada nilai potensi konvektif lemah. Dari pantauan citra satelit MTSAT pada saat kejadian menunjukkan tutupan awan tebal di wilayah Makassar pada waktu kejadian hujan.

Kata Kunci: Hujan lebat, Indeks Stabiltas Udara (SI, LI, SWEAT, CAPE).

References

Budiarti, M., M. Muslim, dan Y. Ilhamsyah, 2012, Studi Indeks Stabilitas Udara Terhadap Prediksi Kejadian Badai Guntur di Wilayah Stamet Cengkareng Banten, Jurnal Meteorologi dan Geofisika Vol. 13 No. 2 Tahun 2012, Puslitbang BMKG, Jakarta.

Manurung, M.R., 2012, Prediktabilitas Cuaca Jangka Pendek Ditinjau dari Indeks Stabilitas di Jakarta, Jurnal Teknologi Mineral Vol. XIX No. 3/ 2012/, ITB, Bandung.

Nurlatifah, S., 2012, Pemanfaatan Data Satelit Cuaca MTSAT Untuk Estimasi Curah Hujan di Stasiun Meteorologi Tegal dan Stasiun Meteorologi Citeko, Tugas Akhir, AMG, Jakarta.

Nuryanto, D.E, 2011, Aktifitas Konvektif di Atas Benua Maritim Indonesia dan Keterkaitannya dengan Variabilitas Iklim Regional dan Lokal, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Peppler, R.A., 1988, A Review of Static Stability Indices and Related Thermodynamic Parameters, Illinois Department of Energy and Natural Resources, Illinois.

Tjasyono, H.K.B., 2004, Klimatologi.

Zakir, A., W. Sulistya, dan M.K. Khotimah, 2010, Perspektif Operasional Cuaca Tropis, Puslitbang BMKG, Jakarta.

Published

2017-11-08

How to Cite

Nurrohman, F., & Tjasyono, B. (2017). KAJIAN INDEKS STABILITAS ATMOSFER TERHADAP KEJADIAN HUJAN LEBAT DI WILAYAH MAKASSAR (STUDI KASUS BULAN DESEMBER 2013 – 2014). Jurnal Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika, 3(2), 18–24. Retrieved from https://jurnal.stmkg.ac.id/index.php/jmkg/article/view/19