KARAKTERISTIK GELOMBANG LAUT DIPERAIRAN KEPULAUAN RIAU

Authors

  • Hari Saputro Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Adi Mulsandi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Keywords:

kepulauan riau, gelombang laut, monsun

Abstract

Informasi meteorologi kelautan dan Informasi klimatologi kelautan berupa gelombang laut sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam aktifitas pelayaran Kepulauan Riau merupakan salah satu jalur pelayaran yang cukup ramai. Berbagai kegiatan ekonomi antar pulau bahkan antar negara sebagian besar mengandalkan transportasi laut yang melintasi kepulauan Riau. Untuk menggambarkan karakteristik gelombang, BMKG menggunakan parameter gelombang signifikan dan maksimum. Oleh karena itu dalam penelitian ini karakteristik gelombang di wilayah kepulauan Riau juga digambarkan dengan menggunakan parameter yang sama yaitu gelombang signifikan dan maksimum. Parameter gelombang yang disajikan dalam penelitian ini dihasilkan dari model gelombang windwave. Untuk mengetahui karakteristik gelombang secara musiman, simulasi gelombang disajikan secara bulanan. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa, karateristik gelombang di kepulauan Riau berkaitan dengan pola angin musiman. Pada saat masa peralihan (SON) ratarata tinggi gelombang lebih tinggi dibanding pada saat monsun Asia dan Australia (DJF dan JJA). Pada saat masa peralihan (SON), puncak rata-rata gelombang tertinggi terjadi pada bulan Oktober bisa mencapai 5 meter. Sedangkan pada monsun Asia, puncak rata-rata gelombang tertinggi terjadi pada bulan Desember yang mencapai 3.5 meter, dan pada monsun Australia, puncak rata-rata gelombang tertinggi terjadi pada bulan Juli yang mencapai 2.5 meter.

Kata kunci : Kepulauan Riau, Gelombang Laut, Monsun

References

Cruz J. 2008. Ocean Wave Energy : Current Status and Future Perspectives. Springer-Verlag Berlin Heidelberg 427 pp, Jakarta.

Dahuri R. 2004., Pengelolaan Sumber Daya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

Habibie, Najib, M., Permana, S, Donaldi., Kurniawan, Roni., Suratno., 2013, Verifikasi Luaran Model Gelombang Windwave-05 Dengan Satelit Altimeter, Pusat Penelitian dan Pengembangan BMKG, Jakarta.

Hutabarat, S., dan Evans, S., 1985, Pengantar Oseanografi, Universitas Indonesia, Jakarta.

Isozaki, I., and Uji, T., 1973, “Numerical Prediction of Ocean Wind Waves”, Papers in Meteorology and Geophysics, Vol. 24, No. 2, pp. 207-231.

Khotimah, K.M., 2012, Validasi Tinggi Gelombang Signifikan Model Gelombang Windwave-05 Dengan Menggunakan Hasil Pengamatan Satelit Altimetri Multimisi, Thesis : Universitas Indonesia.

Kurniawan, Roni., Habibie, Najib, M., 2011, Variasi Bulanan Gelombang Laut di Indonesia, Puslitbang, BMKG, Jakarta.

Miles J.W., 1957, On the generation of surface waves by shear flows, Journal of Fluid Mechanics, 3(2) 185–204.

Permana, S, Donaldi., Kurniawan, Roni., Habibie, Najib, M., 2012, Kajian Daerah Rawan Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia, Pusat Penelitian dan Pengembangan BMKG, Jakarta.

Published

2017-11-08

How to Cite

Saputro, H., & Mulsandi, A. (2017). KARAKTERISTIK GELOMBANG LAUT DIPERAIRAN KEPULAUAN RIAU. Jurnal Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika, 3(2), 25–31. Retrieved from https://jurnal.stmkg.ac.id/index.php/jmkg/article/view/20