PENGGUNAAN MQTT SEBAGAI OPTIMASI PENGIRIMAN DATA AAWS SEBAGAI SARANA SEKOLAH LAPANG IKLIM BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Penulis

  • Haryas Subyantara W Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Bima Tri Ariyanto Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Muhammad Nur Huda Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Kata Kunci:

MQTT, IoT, sekolah lapang iklim

Abstrak

Informasi iklim yang sulit dipahami oleh petani membuat kemungkinan tingginya kejadian gagal panen. Selain itu, perubahan iklim yang sedang terjadi saat ini membuat ketahanan pangan nasional terganggu. Dalam rangka meminimalisir dampak tersebut, salah satu kebijakan komprehensif untuk mewujudkan kedaulatan pangan adalah program Sekolah Lapang Iklim (SLI). Peneliti bertujuan merancang dan menguji Automatic Agroclimate Weather System (AAWS) berbasis Internet of Things (IoT) sebagai pengembangan digitalisasi program tersebut. Metode penelitian meliputi studi literatur, perancangan sistem dan pengujian sistem. Sistem ini terdiri dari sensor suhu dan kelembapan DHT11 dan tipping buckett. Parameter-parameter iklim terkait pertanian direkam secara otomatis kemudian dikirim ke internet menggunakan protokol MQTT. Petani dapat mengakses sistem melalui domain yang diberikan. Pengujian sistem dilakukan dengan metode komparasi terhadap AWS di Stasiun Klimatologi Kelas II Pondok Betung. Berdasarkan hasil pengujian, sistem mampu beroperasi dengan baik serta menunjukkan hasil yang relatif akurat.

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-29

Cara Mengutip

Subyantara W, H., Ariyanto, B. T., & Huda, M. N. (2019). PENGGUNAAN MQTT SEBAGAI OPTIMASI PENGIRIMAN DATA AAWS SEBAGAI SARANA SEKOLAH LAPANG IKLIM BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). Jurnal Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika, 5(1), 64–72. Diambil dari https://jurnal.stmkg.ac.id/index.php/jmkg/article/view/69