STUDI AWAL PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT PENGUKUR SUHU KELEMBAPAN DAN TEKANAN UDARA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA3

Authors

  • Andry Boy Prima Purba Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Agus Tri Susanto Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Keywords:

tekanan, suhu, kelembaban, BMKG, WMO

Abstract

Peralatan meteorologi, klimatologi dan geofisika yang saat ini digunakan di BMKG tergolong banyak menggunakan peralatan analog. Adapun peralatan digital yang digunakan kebanyakan produksi luar negeri. Khususnya peralatan pengukur meteorologi sangat dibutuhkan peralatan yang bekerja secara otomatis untuk membuat kegiatan pengamatan lebih efektif dan efisien. Pada penelitian ini penulis merancang dan membuat peralatan pengukur suhu, kelembaban dan tekanan udara berbasis mikrokontroler. Alat hasil rancangan pada penelitian ini telah dikalibrasi di laboratorium kalibrasi Balai Besar BMKG Wilayah II Ciputat dan telah dilakukan komparasi dengan alat standar di taman alat meteorologi STMKG. Data yang dihasilkan masih dalam rentang ketentuan WMO dan sudah tergolong layak operasi ataupun sebagai alat pembanding. Alat hasil rancangan juga telah dapat menyimpan data real time alat ke dalam microSD dalam format txt.

Kata kunci : Tekanan, suhu, kelembaban, WMO, BMKG

References

Andrianto,H., 2013, Pemrograman mikrokontroler AVR Atmega16 menggunakan Bahasa C, Penerbit Informatika, Bandung

Sulistiadji,K.,Pitoyo, J., 2009, Alat ukur dan Instrumentasi Ukur, BBP Mektan, Serpong.

Wirjohamidjojo. S. ,2006,Meteorologi Praktik, Badan Meteorologi dan Geofisika, Jakarta.

World Meteorogical Organization, 2008, Guide to Meteorogical Instruments dan Methods of Observation,Seventh Edition,Geneva.

Published

2016-03-10

How to Cite

Purba, A. B. P., & Susanto, A. T. (2016). STUDI AWAL PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT PENGUKUR SUHU KELEMBAPAN DAN TEKANAN UDARA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA3. Jurnal Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika, 3(1), 31–37. Retrieved from https://jurnal.stmkg.ac.id/index.php/jmkg/article/view/8